Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
- Menguasai sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat,
- Menjumlahkan dan mengurangi bilangan bulat,
- Mengalikan dan membagi bilangan bulat,
- Melakukan pembulatan ke satuan, puluhan, ratusan, atau ribuan terdekat,
- Menentukan taksiran penjumlahan dan perkalian,
- Mengenal bilangan prima,
- Memahami faktor, faktor prima, dan faktorisasi,
- Mmenentukan KPK dan FPB dari 2 atau 3 bilangan,
- Melakukan operasi hitung campuran,
- Menghitung serta menemukan pola bilangan berpangkat dua atau bilangan kuadrat,
- Menggunakan cara menemukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat,
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB
- Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
- Menuliskan tanda waktu dengan notasi 12 jam yang melibatkan keterangan pagi, siang, sore, atau malam;
- Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam;
- Mengenal satuan waktu jam, menit, dan detik;
- Mengubah jam ke menit dan detik, dan sebaliknya;
- Melakukan operasi hitung satuan waktu;
- Melakukan pengukuran sudut;
- Menentukan dan menaksir besar suatu sudut;
- Menggambar sudut dan sudut siku-siku dengan busur derajat;
- Mengukur sudut dengan busur derajat;
- Membaca sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam;
- Mengenal satuan jarak dan kecepatan;
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
Menghitung Luas Bangun Datar Sederhana dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
- Mengenal satuan luas;
- Mengubah satuan luas ke satuan luas yang tingkatannya berbeda;
- Mengenal trapesium;
- Menentukan rumus dan menghitung luas trapesium;
- Mengenal layang-layang;
- Menentukan rumus dan menghitung luas layang-layang;
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
- Mengenal satuan volume;
- Mengubah satuan volume ke satuan volume yang tingkatannya berbeda;
- Mengenal sifat-sifat balok dan kubus,
- Menentukan volume kubus dan balok.
Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat :
- Mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dan campuran;
- Mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;
- Mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;
- Memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;
- Membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;
- Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan;
- Melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;
- Melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan;
- Melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan;
- Melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;
- Melakukan hitung campuran berbagai bentuk pecahan;
- Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan;
- Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;
- Memahami skala sebagai perbandingan;
- Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala .
Memahami Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antarbangun
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
- Menyebutkan sifat-sifat segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,lingkaran, belah ketupat, dan layang-layang;
- Menggambar segitiga samasisi, segitiga samakaki, persegi, trapesium, belah ketupat,layang-layang, lingkaran, dan elips;
- Menyebutkan sifat-sifat kubus, prisma tegak, limas, kerucut, tabung, dan bola;
- Menggambar kubus, prisma tegak, limas, kerucut, dan tabung;
- Menggambar jaring-jaring kubus, prisma siku-siku, prisma segitiga, limas segiempat,limas segitiga, kerucut, dan tabung;
- Menunjukkan kesebangunan antar bangun-bangun datar;
- Menyelidiki sifat-sifat simetri lipat dan menentukan banyak sumbu simetri bangun persegi,segitiga samasisi, dan bangun-bangun datar lain;
- Mengenal simetri putar dan menentukan pusat dan sudut putaran pada bangun datar
- Menentukan banyak simetri putar pada bangun-bangun datar;
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan isi kubus atau balok.
Demikianlah artikel tentang Materi Matematika Kelas 5 SD, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih
No comments:
Post a Comment