Thursday, February 8, 2018

Materi Matematika Kelas 5 SD

Sahabat pustka ilmu, kali ini kita membahas tentang Materi Matematika Kelas 5 SD, berikut ini penjelasannya :



Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah


Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
  • Menguasai sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, 
  • Menjumlahkan dan mengurangi bilangan bulat, 
  • Mengalikan dan membagi bilangan bulat, 
  • Melakukan pembulatan ke satuan, puluhan, ratusan, atau ribuan terdekat, 
  • Menentukan taksiran penjumlahan dan perkalian, 
  • Mengenal bilangan prima, 
  • Memahami faktor, faktor prima, dan faktorisasi, 
  • Mmenentukan KPK dan FPB dari 2 atau 3 bilangan, 
  • Melakukan operasi hitung campuran, 
  • Menghitung serta menemukan pola bilangan berpangkat dua atau bilangan kuadrat, 
  • Menggunakan cara menemukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat, 
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB 
  • Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan dalam Pemecahan Masalah 

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
  • Menuliskan tanda waktu dengan notasi 12 jam yang melibatkan keterangan pagi, siang, sore, atau malam; 
  • Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam; 
  • Mengenal satuan waktu jam, menit, dan detik; 
  • Mengubah jam ke menit dan detik, dan sebaliknya; 
  • Melakukan operasi hitung satuan waktu; 
  • Melakukan pengukuran sudut; 
  • Menentukan dan menaksir besar suatu sudut; 
  • Menggambar sudut dan sudut siku-siku dengan busur derajat; 
  • Mengukur sudut dengan busur derajat; 
  • Membaca sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam; 
  • Mengenal satuan jarak dan kecepatan; 
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan. 

Menghitung Luas Bangun Datar Sederhana dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
  • Mengenal satuan luas; 
  • Mengubah satuan luas ke satuan luas yang tingkatannya berbeda; 
  • Mengenal trapesium; 
  • Menentukan rumus dan menghitung luas trapesium; 
  • Mengenal layang-layang; 
  • Menentukan rumus dan menghitung luas layang-layang; 
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. 

Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
  • Mengenal satuan volume; 
  • Mengubah satuan volume ke satuan volume yang tingkatannya berbeda; 
  • Mengenal sifat-sifat balok dan kubus, 
  • Menentukan volume kubus dan balok. 

Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat :
  • Mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dan campuran; 
  • Mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya; 
  • Mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya; 
  • Memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen; 
  • Membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai; 
  • Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan; 
  • Melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan; 
  • Melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan; 
  • Melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan; 
  • Melakukan pembagian pecahan dengan pecahan; 
  • Melakukan hitung campuran berbagai bentuk pecahan; 
  • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan; 
  • Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan; 
  • Memahami skala sebagai perbandingan; 
  • Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala . 

Memahami Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antarbangun

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:
  • Menyebutkan sifat-sifat segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,lingkaran, belah ketupat, dan layang-layang; 
  • Menggambar segitiga samasisi, segitiga samakaki, persegi, trapesium, belah ketupat,layang-layang, lingkaran, dan elips; 
  • Menyebutkan sifat-sifat kubus, prisma tegak, limas, kerucut, tabung, dan bola; 
  • Menggambar kubus, prisma tegak, limas, kerucut, dan tabung; 
  • Menggambar jaring-jaring kubus, prisma siku-siku, prisma segitiga, limas segiempat,limas segitiga, kerucut, dan tabung; 
  • Menunjukkan kesebangunan antar bangun-bangun datar; 
  • Menyelidiki sifat-sifat simetri lipat dan menentukan banyak sumbu simetri bangun persegi,segitiga samasisi, dan bangun-bangun datar lain; 
  • Mengenal simetri putar dan menentukan pusat dan sudut putaran pada bangun datar 
  • Menentukan banyak simetri putar pada bangun-bangun datar; 
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan isi kubus atau balok. 

Demikianlah artikel tentang Materi Matematika Kelas 5 SD, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

No comments:

Post a Comment